262 Laporan Masuk ke SP4N LAPOR

72

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah saat menyampaikan paparan lanjutan dalam rapat evaluasi kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik tahun 2020 melalui Virtual.

Muaraenim, Extranews — Layanan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional – Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N LAPOR) rutin dimanfaatkan masyarakat Kabupaten Muara Enim.
Buktinya dalam beberapa tahun terakhir, Pemkab Muara Enim mencatatkan sebanyak 262 laporan yang masuk ke aplikasi pengaduan daring tersebut. Tingginya minat masyarakat menggunakan SP4N LAPOR diungkapkan Plt Bupati Muara Enim H Juarsah saat menyampaikan paparan lanjutan dalam rapat evaluasi kompetisi pengelolaan pengaduan pelayanan publik tahun 2020 melalui Virtual (Zoom Meeting), Rabu (11/11).
“Sampai dengan bulan November 2020, Sebanyak 262 laporan masyarakat dalam SP4N-LAPOR! telah dikelola, dari jumlah tersebut 255 diantaranya telah diselesaikan (tindaklanjut),”kata Juarsah.
Juarsah menuturkan perbaikan terhadap layanan pun terus dilakukan sehingga terjadi peningkatan kualitas tindak lanjut terhadap laporan masyarakat. “Dari rata-rata tindak lanjut 7,3 hari pada tahun 2018 menjadi 1,9 hari pada tahun 2020,”ujarnya.
Dijelaskan Juarsah, pengelolaan Pengaduan pelayanan publik secara online di Kabupaten Muara Enim telah dimulai tahun 2014. Pemkab Muara Enim membangun sebuah aplikasi yang dinamakan SPIKM (Sistem Pelayanan Informasi dan Keluhan Masyarakat).
“Aplikasi ini terus digunakan hingga pada tahun 2018, pemkab Muara Enim terhubung dengan SP4N-LAPOR! dan terintegrasi dengan SPIKM satu tahun setelahnya (2019),”terangnya.
Selanjutnya, pengelolaan pengaduan pelayanan publik membawa banyak manfaat, tidak hanya bagi Pemkab Muara Enim, tetapi juga bagi masyarakat. Menurutnya dengan adanya sarana pengaduan SP4N-LAPOR! memudahkan dalam penyampaian aspirasi, saran dan aduan.
Selain itu, Pemkab Muara Enim juga menyerap aspirasi dan aduan langsung pada saat kami (Plt Bupati beserta Kepala Perangkat Daerah Teknis terkait) berkunjung ke Desa-Desa dalam kegiatan BUNGA DESA (Bupati ngantor di Desa).
Dengan masukan-masukan yang terlapor, pihaknya dapat melakukan perbaikan dan masyarakat pada akhirnya mendapatkan pelayanan publik yang semakin nyaman dan berkualitas.
“Saya sendiri ikut terlibat langsung menjadi admin di SP4N-LAPOR, jadi apabila terlihat ada laporan masuk dari masyarakat dan belum ditindaklanjuti, saya akan mengingatkan langsung ke kepala OPD melalui WA pribadi agar laporan tersebut dapat segera ditangani,”jelasnya.NH

Yan Riyadi Ditunjuk Plt Sekda Muara Enim
Muara Enim -Extranews
Pasca meninggalnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Muara Enim, Alm Ir H Hasanudin MSi. Plt Bupati Muara Enim H Juarsah langsung menunjuk dr Yan Riyadi Mars untuk mengisi kekosongan jabatan pemimpin Abdi Negara lingkup Kabupaten Muara Enim sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Sekda Muara Enim.
Keputusan ditunjuknya Yan Riyadi menjadi Plt Sekda tertuang dalam Surat Bupati Muara Enim Nomor : 800/904/BKSDM-2/2020. Serta Surat Edaran BKN Nomor 2/SE/VII/2019 tangga 30 Juli tentang Kewenangan Pelaksana Harian dan Pelaksana Tugas Dalam Aspek Kepegawaian.
Diketahui dalam surat tersebut, Yan Riyadi yang menjabat sebagai Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPP-KB) Kabupaten Muara Enim merangkap jabatan sebagai Plt Sekda Muara Enim.
“Terhitung mulai tanggal 9 November 2020 sampai dengan 9 Februari disamping jabatannya sebagai Kepala DPP-KB Muara Enim juga melaksanakan tugas sebagai Pelaksana Tugas Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim. Melaksanakan perintah ini dengan seksama dan penuh tanggung jawab,” bunyi keterangan Surat yang ditandatangi Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah pada 10 November 2020.
Diberitakan sebelumnya, awan duka menyelimuti jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim. H Hasanudin yang merupakan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemkab Muara Enim, meninggal dunia, Minggu (8/11) sekitar pukul 16.30 WIB.
Hasanudin menghembuskan nafas terakhir setelah dilarikan ke Rumah Sakit PT Bukit Asam, Tanjung Enim, Kecamatan Lawang Kidul usai mengikuti acara penutupan Muara Enim Expedition Offroad di lokasi wisata Air Terjun Bedegung, Tanjung Agung Kabupaten Muara Enim. Jenazah almarhum Sekda Muara Enim telah dimakamkan di pemakaman umum Pelita Sari, Kecamatan Muara Enim, Senin (9/11).NH

LEAVE A REPLY