9 Cuaca Ekstrim, 5 Kecamatan Risiko Bencana Alam

57

9 Cuaca Ekstrim, 5 Kecamatan Risiko  Bencana Alam
Muara Enim -Extranews Pemerintah kabupaten Muara Enim bersama TNI-Polri menggelar apel Satuan Tugas (Satgas) antisipasi dan kesiapsiagaan menangani potensi bencana alam di wilayah Kabupaten Muara Enim, Senin (9/11).
Apel gabungan kesiapsiagaan bencana yang berlangsung di Halaman Kantor Pemkab Muara Enim dipimpin langsung oleh Plt Bupati Muara Enim H Juarsah, diikuti dari personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP), Dinas Perhubungan, Tagana Dinas Sosial dan Pol PP Kabupaten Muara Enim, beserta personel dari TNI, Polri maupun BUMN/BUMS.
Menurut Juarsah, apel ini sangatlah penting untuk mengingatkan potensi kerawanan bencana, sekaligus kesiapansiagaan akan bencana yang setiap saat mengancam masyarakat. Potensi bencana yang bisa terjadi di Kabupaten Muara Enim ialah kebakaran lahan dan hutan (Karhutla), banjir, angin kencang, dan tanah longsor. “Untuk itu seluruh pasukan agar siap dan tanggap dalam penanggulangan bencana alam di penghujung tahun dengan ditandai cuaca ekstrim,”ujarnya.
Orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang mengingatkan risiko bencana alam khususnya di beberapa wilayah seperti Ujan Mas, Gunung Megang, Tanjung Agung, Sungai Rotan dan kawasan Semende.
Untuk itu melalui apel gabungan ini dirinya meminta para personel untuk mengevaluasi serta menginventarisir kekuatan personil maupun peralatan yang ada, termasuk dapur umum agar nantinya siap digunakan sewaktu-waktu bencana tersebut terjadi.
“Penanganan bencana ini harus dilakukan secara komprehensif, multisektor, terpadu dan terkoordinasi antar semua pihak, termasuk masyarakat, sehingga saya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk siaga dan meningkatkan kewaspadaan,”ujarnya.
Dirinya juga memastikan pihaknya akan mengerahkan seluruh sumber daya yang ada untuk membantu masyarakat dalam kerawanan bencana. “Jikapun terjadi peningkatan skala bencana, kami meminta personel yang bertugas harus sudah siap mengevakuasi dan menangani kejadian tersebut dengan prosedur maupun penanganan yang tepat,”ungkapnya.NH
Poto : Plt Bupati Muara Enim mengecek peralatan kesiapsiagaan bencana.

LEAVE A REPLY