Kajati Apresiasi Atas Pembangunan Relokasi Kantor Kejari

126

Kajati Apresiasi Atas Pembangunan Relokasi Kantor Kejari
Muara Enim -Extranews
Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Dr Wisnu Baroto SH MHum, bersama Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH dan Kajari Muara Enim Mernawati SH, meletakan batu pertama tanda dimulainya pembangunan relokasi Kantor Kejaksaan Negeri (Kejari) Muara Enim yang baru di Kawasan Perkantoran Islamic Center, Desa Kepur, Kecamatan Muara Enim, Kamis (08/10).
Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kapolres Muara Enim, AKBP Donni Eka Saputra SH Sik MM, Dandim 0404 Muara Enim Letkol Inf Erwin Iswari SSos MTr serta para OPD dan stake holder.
Plt Bupati H Juarsah SH, menerangkan bahwa pembangunan relokasi Kantor Kejari Muara Enim ini dibiayai oleh dana APBD Kabupaten Muara Enim Tahun Anggaran 2020 dan 2021 dengan total nilai Rp15 miliar diatas lahan seluas 2 hektar.
Plt Bupati menilai kondisi Kantor Kejari yang ada saat ini dirasakan sudah perlu untuk dibenahi demi menunjang kinerja dan kenyamanan kerja sehingga Pemerintah Kabupaten Muara Enim, merencanakan pembangunan kantor Kejari yang baru dengan lahan yang lebih luas, bentuk yang lebih modern, tertata dan representatif yang nantinya terasa lebih bersahabat dan siap memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. “Nantinya beberapa perkantoran, seperti Polres, Kodim, Pengadilan Negeri bahkan Kantor Bupati Muara Enim-pun akan direlokasi di kawasan yang sama.
Kajari Muara Enim Mernawati SH mengatakan, Institusi Kejaksaan merupakan lembaga penegakan hukum yang memiliki peran dan fungsi strategis dalam kapasitasnya tersebut tentunya Kejaksaan di tuntut untuk selalu meningkatkan kemampuan institusi yang mencakup sumber daya manusia, aparatur Kejaksaan, tata kelola organisasi dan sinergritas kualitas individu dan organisasi.
Salah satu upaya dalam mencapai tujuan tersebut adalah pembagunan Gedung Baru Kejaksaan Negeri Muara Enim, yang diharapkan dapat mampu meningkatkan kinerja insan korps adhyaksa dalam memberikan pelayanan terbaiknya terhadap penanganan perkara di tengah masyarakat didalam mencari keadilan.
“Pembagunan sarana dan prasarana kantor yang baru haruslah berbanding lurus dengan peningkatan kinerja kedepannya. Aparatur Kejaksaan haruslah berdiri paling depan dalam mengatasi permasalahan-permasalahan hukum yang dialami oleh masyarakat,”tegasnya.
Lanjutnya, salah satu latar belakang dilaksanakannya pembangunan Gedung Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim adalah dalam rangka penataan kota Muara Enim sesuai dengan rencana tata ruang wilayah (RT/RW) Kabupaten Muara Enim tahun 2018-2038 sesuai dengan peraturan daerah Kabupaten Muara Enim No 13 tahun 2018, serta dikaitkan dengan penyusunan rencana penataan kawasan komplek perkantoran pemerintah Kabupaten Muara Enim dan instansi vertikal di kawasan Islamic Center Muara Enim.
“Dalam rangka pemusatan kawasan perkantoran dalam Kabupaten Muara Enim menjadi satu kawasan dalam satu hamparan sehingga dapat memudahkan dan memberikan kenyamanan bagi masyarakat dalam mendapatkan kualitas pelayanan terpadu,” jelasnya.
Adapun pembangunan gedung Kantor Kejaksaan Negari Muara Enim dilahan lahan milik Pemerintah Kabupaten Muara Enim dengan luas lahan ± 2 hektar dan luas bangunan 3300 m2 dua lantai yang sumber dana pembangunan gedung Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim tersebut, bersumber dari APBD Kabupaten Muara Enim tahun anggaran 2020 dan 2021 dalam lingkup Dinas PUPR Kabupaten Muara Enim.
Pembangunan gedung Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim di laksanakan dalam dua tahap yang mana tahap pertama dilaksanakan pada Tahun 2020, dengan pagu anggaran sebesar Rp7.000.000.000 dan tahap ke dua akan dilaksanakan pada tahun 2021 dengan pagu anggaran sebesar Rp8.000.000.000.
Dijelaskannya, pembagunan Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim tersebut meliputi pembangunan pasilitas diantaranya gedung utama, ruang barang bukti, mess pegawai, mushola, tempat olahraga, pos penjagaan, polik linik serta fasilitas intra struktur lainnya.
“Terima kasih kami ucapkan kepada Pemkab Muara Enim yang telah membantu mulai dari perencanaan dan pengganggaran pembangunan Gedung Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim, berkat sinergitas dan kooardinasi yang baik dengan Pemkab Muara Enim akhirnya proses untuk pembangunan gedung Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim ini bisa telaksana sehingga hari ini dilaksanakan peletakan batu pertama,” ucapnya.
Sementara itu, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan, Dr Wisnu Baroto SH MHum, menyampaikan dirinya atas nama institusi Kejaksaan mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh Pemkab Muara Enim yang telah menyediakan lahan dan membangun kantor Kejari yang baru dan lebih representatif.
“Semoga dengan adanya pembangunan gedung kantor baru ini, dibarengi dengan penegakan hukum yang optimal dan diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ucapnya.
Pembangunan kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim yang baru harus berbanding lurus dengan penegakan hukum. Pembangunan ini, kata dia, harus dijawab dengan keseriusan Kejaksaan Negeri Muara Enim dalam menjamin penegakan hukum dan memben’kan pelayanan terbaiknya terhadap penanganan perkara-perkara di tengah kepada masyarakat.
“Pembangunan gedung kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim yang baru ini hendaknya jadi momentum meningkatkan hubungan kejaksaan dengan instansi terkait lain dan masyarakat agar Iebih harmonis. Saya berharap dukungan tersebut sebagai komitmen bersama untuk memperbaiki kinerja Iembaga pemerintah di masa depan,” ujarnya.NH

Poto : Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan disaksikan Plt Bupati Muara Enim, Kajari Muara Enim dan Kapolres Muara Enim serta Dandim 0404 meletakan batu pertama pembangunan relokasi Kantor Kejaksaan Negeri Muara Enim.

 

LEAVE A REPLY