Ayo Pramuka Disiplinkan Warga

87

Ayo Pramuka Disiplinkan Warga

Muara Enim Extranews-Plt Bupati Muara Enim H Juarsah, mengajak gerakan praja muda karana atau pramuka bersumbangsi besar melawang pandemi Covid-19 bersama pemerintah. Ditengah situasi pandemi, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang meminta pramuka lantang mengajak warga untuk disiplin protokol kesehatan.
Hal ini disampaikan Juarsah saat melantik Kwartir Cabang Gerakan Kabupaten Muara Enim masa bakti 2020-2025 di gedung Bappeda Muara Enim, Kamis (27/8). “Di era pandemi Covid-19 yang berat sekarang ini, jiwa dan karakter pramuka dibutuhkan, kita disiplin protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak ajak seluruh lapisan masyarakat melaksanakannya,”kata Juarsah yang juga Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kabupaten Muara Enim ini.
Juarsah juga meyakini gerakan Pramuka dapat menjadi solusi dalam hal menanamkan nilai-nilai kebangsaan dan bela negara, terlebih di masa pandemi ini. “Mengokohkan rasa nasionalisme dalam menghadapi pandemi ini sangat penting, karena untuk menghadapi pandemi Covid-19 harus bersama-sama dalam kegotong-royongan,” ujarnya.
Dalam kesempatan itu, Juarsah juga mengucapkan selamat kepada gerakan pramuka Muara Enim terlantik, dengan pengurus organisasi yang baru pramuka Muara Enim lebih berkembang dan mampu menghasilkan berbagai kinerja terbaik kedepannya. “Selain itu, besar harapan saya ketua yang baru dapat menjadi sosok pemimpin yang mampu mengayomi semua anggota dengan sebaik-baiknya,”harapnya.
Sementara itu, Ketua Kwarda Pramuka Sumsel Mukti Sulaiman mengatakan, semestinya pelantikan tersebut dijadwal awal bulan Maret karena Covid-19 dan baru terlaksama dibulan Agustus. Semua unsur pemerintahan terlibat untuk pengurus Mabicab, tujuannya untuk lebih memudahkan pembinaan Pramuka. “Untuk itu, saya meminta Pemda Muara Enim mendukung pendidikan kepramukaan,” ujarnya.
Mukti juga mengapresiasi Kwarcab Pramuka Muara Enim sudah mendapatkan hibah tanah 20 hektar berlokasi di Transosial Desa Karang Raja dari PT Bukit Asam, dengan gitu setiap ada agenda kegiatan bumi perkemahan pramuka Kwarcab Pramuka Muara Enim sudah ada tempat.
Lanjutnya, sesuai arahan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Pramuka dapat dikelola dengan baik untuk menciptakan generasi masa depan. Sebab ada 650 ribu anggota Pramuka se-Sumatera Selatan. Apalagi pada tahun 1961 Pramuka sudah berdiri di Kabupaten Muara Enim. “Di Pramuka ini bisa saling kenal mengenal satu sama lain, saling bantu kegiatan kepemudaan. Pramuka juga dapat dijadikan salah satu pilihan untuk anak mulai umur 5-7 tahun bisa aktif di Pramuka,” ujarnya.NH

LEAVE A REPLY