Upacara HUT Ke-75 di Muaraenim dengan Protokes Ketat

129

HUT RI : Plt Bupati H Juarsah bersama Ketua DPRD Kabupaten Muara Enim serta Forkompimda mengikuti pelaksanaan detik-detik proklamasi secara virtual.

Upacara HUT Ke-75 di Muaraenim dengan Protokes Ketat

Muara Enim, Extranews — Di tengah pandemi Covid-19, Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2020 Kabupaten Muara Enim yang digelar di Halaman Kantor Pemkab Muara Enim berlangsung dengan protokol kesehatan ketat.

Dalam upacara ini, Senin (17/08) Plt Bupati Muara Enim H Juarsah bertindak sebagai Inspektur Upacara kemudian pembacaan teks UUD 1945 dibacakan oleh Plt Ketua DPRD Muara Enim Liono Basuki yang dilanjutkan dengan pembacaan Do’a oleh Kakan Kementerian Agama Muara Enim.

Bertindak sebagai Komadan Upacara Mayor ARM Sukadi (Kasipers Rindam II/SWJ) dan Perwira Upacara Kapten Inf Agus Sonjaya (Paso Pers (KODIM 0404/ME) kemudian Naswa Delviana dari SMA Bukit Asam Tanjung Enim bertugas sebagai pembawa baki yang selanjutnya diserahkan kepada Pengibar Bendera yakni Ady Theo Dwi S dan Febrio Pratama P dari SMA Negeri 1 Muara Enim serta  Firand Stevendo dari SMA Negeri 2 Muara Enim.

Plt Bupati Juarsah usai upacara mengatakan meski harus memakai protokol kesehatan Covid-19 secara ketat, peringatan HUT RI ke-75 tetap dilaksanakan. “Hari ini kita masih bisa merayakan, memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 75 meski seluruh peserta dikenakan protokol kesehatan secara ketat,”kata Juarsah.

Menurutnya, pandemi Covid-19 tak menghalangi pihaknya untuk menggelar peringatan HUT RI. “Karena ini hari yang sangat bersejarah dan sangat berarti bagi kita, Sebagai anak bangsa kita wajib setiap tahun melaksanakan kegiatan seperti ini untuk meningkatkan semangat kebangsaan, semangat kenegaraan dan  meningkatkan rasa tanggung jawab kita kepada bangsa dan negara republik Indonesia,” terang Plt Bupati.

Kedepan, orang nomor satu di Bumi Serasan Sekundang berharap dengan bertambahnya usia maka Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) akan semakin maju. Usai mengikuti Upacara di Halaman Pemkab Muara Enim, Plt Bupati langsung mengikuti Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 75 di Istana Merdeka secara Virtual dari Ruang Rapat Pangripta Nusantara Bappeda Muara Enim.

Sebelum pelaksaan upacara digelar, sebagai bentuk penghormatan atas jasa para pahlawan yang telah gugur dalam memperjuangkan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan juga memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 75 Tahun 2020.

Senin dini hari (17/08) tepat pada Pukul 00.00 WIB, Plt Bupati Muara Enim H Juarsah bersama Forkopimda Kabupaten Muara Enim dan Sekretaris Daerah H Hasanudin melaksanakan Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Ksatria Pertiwi, Pelawaran Muara Enim dengan Kapolres Muara Enim, AKBP Donni Eka Syahputra bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara. 

Tepat pada pukul 00.00 WIB, suasana pun langsung hening seketika semua penerangan dipadamkan dan kemudian lilin pun dinyalakan oleh puluhan anggota Pramuka yang menjadikan suasana semakin khidmat walaupun sempat diguyur hujan.

Prosesi Upacara diawali dengan penghormatan kepada arwah pahlawan, pembacaan naskah apel kehormatan dan renungan suci oleh inspektur upacara dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dan ditutup dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan.

Kegiatan Apel yang dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19 ini dihadiri para Staf Ahli, Asisten, para Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Muara Enim, unsur TNI-Polri, para ASN dan juga para pelajar.NH

LEAVE A REPLY