Wartawan Komit Sajikan Berita Good Jurnalisme, HD dan Forkompinda Ajak Bersatu Perang Covid-19

194

Wartawan Komit Sajikan Berita  Good Jurnalisme, HD dan Forkompinda Ajak Bersatu Perang Covid-19

Palembang, Extranews — Wartawan, pers dan media yang berperan dan bertugas di Sumsel menyampaikan informasi ke publik komit dan sepakat menyampaikan konten berita yang positif dan good jurnalism. Secara personal Wartawan akan waspada dan menjaga keamanan bagi dirinya dengan mengikuti SOP dan protokol kesehatan. Sebaliknya, Gubernur Sumsel H Herman Deru bersama Forkompinda siap bersinergi dengan pers untuk bersatu perang terhadap pencegahan dan penanganan bahaya covid-19. 

Hal itu menjadi benang merah dalam diskusi virtual online antara pemimpin media dan pimpinan organisasi Wartawan serta Gubernur dan Forkompinda Sumsel, Rabu (1/4). 

Diskusi yang dimoderatori oleh Firdaus Komar yang juga Ketua PWI Sumsel berlangsung lebih kurang dua jam melalui aplikasi zoom meeting. 

Diskusi langsung dibuka oleh Firdaus dan menurut Firdaus diskusi ini lanjutan dari pokok pokok pikiran yang telah disepakati oleh beberapa organisasi Wartawan dan pemimpin perusahaan media. Sebelumnya ada 25 poin kesepakatan yang disampaikan ke pemerintah, perusahaan media dan masyarakat. Karena menurut Firdaus penanganan dan pencegahan covid-19 adalah tanggung jawab bersama termasuk peran serta masyarakat. 

Beberapa pokok atau point diskusi yang disampaikan peserta di antaranya memaksimalkan peran dan fungsi juru bicara yang sangat ini berjumlah empat orang dan gugus tugas yang telah dibentuk dan perlu dibuat sampai ke tingkat pemerintahan paling bawah . Selain itu perlu dilakukan pengetatan titik pintu masuk Sumsel termasuk di Bandara, jalur tol dan jalur sungai atau laut, bahkan Pemprov yang telah menganggarkan bujet Rp 120 miliar, perlu ditambah melalui dukungan berbagai kelompok kepentingan dan DPRD Sumsel.  Seluruh Forkompinda menyampaikan progres berkaitan dengan sinergi yang telah dan akan dilakukan. Hadir pada acara diskusi  selain Gubernur Sumsel, Herman Deru, Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan SIP M Hum , Kapolda Sumsel Irjen Pol Priyo Widyanto MM, Kejati Sumsel Dr Wisnu Broto, Ketua DPRD Sumsel Anita Noeringhati. 

Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Irwan, menyampaikan pihaknya sudah menyiapkan seluruh RS TNI untuk berperan menanggulangi dan pencegahan covid-19. Selain itu Pangdam menyambut baik komitmen wartawan di Sumsel untuk menyampaikan berita yang positif dan meminta ke Gubernur agar Jubir yang telah dibentuk diberi otoritas dalam menyampaikan informasi berkaitan penanganan dan pencegahan covid-19. Panglima juga meminta agar prosedur pemakaman jenazah PDP sesuai protokol dan ada yang bertanggung jawab. Mengenai pertanyaan Pangdam, Gubernur mengapresiasinya dan Herman Deru akan memaksimalkan gugus tugas termasuk yang bertanggung jawab proses pemakaman jenazah PDP covid-19. 

Menjawab pertanyaan dari Pangdam II Sriwijaya, Deru mengatakan pemakaman jenazah PDP mengikuti  protokol pemakaman jenazah pasien covid-19, Gubernur segera menyampaikan ke pihak pemerintahan paling bawah hingga ke kelurahan. “Jika ada kasus PDP yang meninggal, maka proses pamakaman tetap berpatokan dengan protocol pemakaman covid-19,” ujar Deru. Adapun langkah protokol pemakaman itu adalah pertama, persemayaman jenazah dalam waktu lama sangat tidak dianjurkan untuk mencegah penularan penyakit maupun penyebaran penyakit antar-pelayat. Kedua, jenazah harus dilakukan disinfeksi dan dimasukkan  ke dalam peti jenazah serta tidak dibuka kembali. Ketiga, keluarga dibatasi untuk melayat, jenazah segera dikubur sesuai dengan ajaran agama yang dianut, jenazah  yang diberangkatkan dari RS langsung ke lokasi penguburan atau krematorium  untuk dimakamkan atau dikremasi. Jenazah tidak dianjurkan dibawa ke rumah duka.

Herman Deru menyambut apresiasi diskusi yang diinisiasi wartawan ini dan sekaligus Deru menanggapi persoalan yang dilemparkan oleh pa serta diskusi. Deru mengapresiasi dan telah berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk menjadikan Pemprov Sumsel sebagai pusat Gugus Tugas penanganan dan pencegahan Covid-19. Deru juga setuju untuk tidak melakukan konferensi pers dan untuk menjaga fisical distancing. Deru juga mengungkapkan dari improvisasi anggaran sudah disiapkan sekitar 120 miliar untuk menangani pencegahan covid 19 dan pihak nya mohon dukungan semua pihak termasuk dengan media untuk bersama memerangi ancaman virus covid-19 ini. fk 

LEAVE A REPLY