KONI Gemuk, Kuat dan Tangguh demi Persatuan dan Kesatuan

367
H Bangun Lubis

Oleh : BangunLubis, Wartawan & Dosen, juga Pengurus KONI Sumsel Bidang Kerjasama    Dalam Negeri .

—————————-

Membaca judul itu, pastilah beragam makna yang bias diterjemahkan. Namun, bukanlah hendak menyulitkan pembaca member arti, tetapi memang itula arti sesungghnya bahwa KONI Sumatera Selatan memang hendak menuju makna seutuhnya sebagaimana filosifi yang ada dalam judul tulisan ini.

Jadi tidak usah susah-susah menerjemahkannya, tetapi begitu anda baca langsung saja makna ini sebagai cita-cita KONI Sumsel yang ingin menjadi organisasi yang dapat  mempersatukan keragaman dan menjalin kesatuan pandangan  yang kokoh. Lebih luas lagi, ingin menjalin kesatuan dan persatuan yang utuh diantara para pengurus untuk mencapai cita-cita kemajuan olah raga yang ideal sebagaimana keinginan pengurus KONI Sumsel yang baru, menjadi organisasi yang independen dan  professional untuk membangun prestasi olah raga guna mengangkat harkat dan martabat bangsa.

Bisakah itu tercapai? Tentu saja bisa. Sebab, sebagaimana yang judul kedua yang tertulis ‘’Gemuk’’, maka tentu dengan hampir 200 orang ‘’pintar dan cerdas’’ yang ikut jadi pengurus di dalam tubuh organisasi KONI Sumsel yang baru ini, akan menyatukan pandangandan mencarikan berbagai upaya serta solusi dalam meningkatkan pembinaan dan mendorong para pengurus dan pelatih serta semua pemangku kepentingan untuk meningkatkan prestasi atlet olahraga di daerahini.

Dapat diyakini bila seluruh pengurus KONI bersatu dalam pandangan dan menyamakan visi dan misi organisasi tiada lain untuk mengharumkan nama Sumsel (masyarakat) kekancah nasional maupun International, maka Kekuatan bersama tentunya dapat tercapai. Karena dengan kekuatan tersebut, semua upaya dan pemikiran serta ide-ide yang dimiliki setiap orang dalam pengurus organisasi KONI, akan dapat meraih prestasi yang baik.

Kita yakin bahwa setiap orang di dunia tentu memiliki tujuan dalam hidupnya.Sudah barang tentu, semua orang yang ada di dalam kepengurusan KONI  Sumsel memiliki tujuan yang terarah maupun untuk mewujudkan cita-cita dan impian nya memajukan prestasiolah raga Sumsel.  Lalu, perlu disadari bahwa untuk mencapai impian yang dicita-citakanitu, kita mesti memiliki kekuatan yang tentunya adalah kekuatan yang berpengetahuan atauThe Power of Knowledge.

Sebab, padahal ketatnya kekuatan pengetahuan (skill) itu adalah jalan menuju keberhasil  yang diharapkan atau yang dicita-citakan setiap kita. Kalau orang barat bilang Skill and Art (senidanketerampilan –Pengetahuan).Kata Rasulullah,”’Serahkan suatu pekerjaan itu kepadaahlinya.’’Kita yakin bahwa semua pengurus yang terpilih, sudah tentu memiliki keahlian atau kemampuan di bidangnyamasing-masing.

Capailah Prestasi

Sekalipun KONI adalahorganisasi keolahragaan, tetapi di dalamnya banyak bidang-bidang yang semua bidang haruslah diurus dengan baik. Bisa diketahui bahwa ada bidang kehumasan, ada bidang keorganisasian, bidang peningkatan prestasi olah raga, bidang hokum dan peraturan, bidang hubungan dalam negeri, hubungan luar negeri, bidang sumber daya manusia, bidang keadministrasian sampai bidang kesekretariatan bahkan bidang psikologi dang izipun ada.

Bila sudah kuat,maka KONI Sumsel diyakini pula akan lebih tangguh. Tangguh sebagai mana arti sehari-hari yang kita ketahui adalah kemampuan untuk melalui segala rintangan, makas udah barang tentu,bila pun ada rintangan baik dari dalam maupun dari luar, pengurus KONI Sumsel akan bisa melewatinya dengan bekerjasama.

Melewati rintangan yang ada, tentu dengan ketangguhan yang dimiliki parapersonil. Merekatak perlu sedu sedan itu, ibarat pepatah, biarlah anjing menggonggong, kafilah tetap berlalu.Tangguh melalui semua rintangan seberat apapun. Karena mereka gemuk dalam artime miliki banyak orang yang terikat dalam kekuatan lahir dan bathin. Jika tali telah saling mengikat, maka pantang ada kalimat bercerai-berai. Semua untuk satu kekuatan yang utuh, tentu demi Menuju Sumsel Maju dan Olahraga yang Maju pula.

Harapan terhadap Pengurus Baru KONI Sumsel, tentu bukan dating hanya dari para atlet dan para pelatih untuk dapat mening katkan prestasi olah raga daerah ini, melainkan juga harapan dari sekitar 8,5 juta jiwa penduduk Sumsel.  Mereka sangat menggantungkan harapan itu di pundak KONI Sumsel yang baru. Bila prestasi yang ada di semua cabang olah raga atau peringkat yang ada sebagaimana sekarang, tentu harapan untuk bias lebih baik amatlah sangat digantungkan kepada pihak KONI Sumsel.

HendriZainudin, Ketua KONI Sumsel terpilih kepada wartawan mengatakan, bahwa dari kenyataan yang dapat dilihat tentang personil, dirinya dalam memilih amatlah beragam. “Kita-kita ini ada dari unsur akademisi yang memiliki skill yang mumpuni, bahkan banyak juga diantaranya orang-orang dari kalangan professional baik dalam pengelolaan organisasi, tentu lebih banyak juga dari bidang olah raga sesuai masing-masing cabang,’’kata Hendri ketika didampingi Sekretaris KONI Sumsel yang baru, H. Suparman Roman.

Harapanmasyarakat Sumatera Selatan kepada KONI Sumsel, tentunyaharapandariparapemimpindaerahinijuga.Takter kecuali Gubernur Sumsel, H. Herman Deru dan Wakil Gubernur H. MawardiYahya, termasuk para bupati dan walikota se Sumsel. Mereka menaruh harapan besar kepada pengurus KONI untuk bekerjasa maksimal mungkin dalam mencapai hasil prestasi olah raga yang lebih baik lagi.

Bahkan Herman Deru menitip pesan yang mengharapkan agar Ketua KONI Sumsel yang baru Hendri Zainuddin dapat meningkatkan prestasi Sumsmel pada PON Papua bulan Oktober 2020 mendatang. Dia pun berharap kepengurusan yang baru ini dapat mengakomodir semua kepentingan prestasi Sumsel. Karena KONI adalah tumpuan dan harapan masyarakat untuk mencapai prestasi-prestasi yang akan diperoleh padaajang-ajang kompetisi olah raga bergengsi yang akan datang. Semoga….(*)

 

LEAVE A REPLY