PT Bukit Asam Tbk Tutup Tahun 2019 dan Capaian Prestasi

741

TANJUNG ENIM,EXTRANEWS – PT Bukit Asam Tbk menutup aktivitas produksi sepanjang tahun 2019 dengan mengucap syukur atas capaian torehan prestasi dalam Malam Penyambutan Tahun Baru 2020 yang mengusung tema “Melangkah Maju PTBA Unggul” di GOR Bukit Asam Tanjung Enim, Kabupaten Muara Enim, belum lama ini .

Direktur PT Bukit Asam Tbk, Arviyan Arifin dalam sambutannya yang dibacakan oleh Direktur Keuangan Mega Satria menyampaikan rasa syukurnya bahwa sepanjang tahun 2019 berbagai inovasi dan strategi juga telah banyak diterapkan PT Bukit Asam Tbk, hingga mampu memberikan capaian kinerja yang sangat baik.

“Strategi yang di lakukan sepanjang 2019 ini semata-mata demi kemajuan Bukit Asam yang kita banggakan. Sepanjang 2019 ini telah memberikan pencapaian yang sangat baik dari berbagai bidang antara lain di bidang operasi dan produksi.
Untuk produksi batu bara sebesar 29,09 juta ton atau meningkat 10% dari tahun 2018. Untuk angkutan batu bara sebesar 24,20 juta ton atau naik 7% dari tahun 2018. Sementara itu, untuk penjualan batu bara tahun 2019 ini sebesar 27,73 juta ton atau mengalami peningkatan sebesar 12% dari tahun 2018,”urainya.

“Pada tahun 2019 ini Bukit Asam juga berhasil membuka Pasar Baru, kita masuk ke Korea Selatan, Australia dan Thailand untuk penjualan batubara membuat kontrak penjualan batubara kalori sebanyak 2 juta dan Kita juga melakukan penjualan batubara kalori tinggi negara pada tahun ini termasuk ke Jepang Taiwan Australia dan Filipina. Selain itu juga telah  memberangkatkan karyawan kita untuk belajar ke beberapa Universitas terbaik di dunia untuk menjadi lebih baik lagi kedepannya,”terangnyam

“Untuk bidang pengembangan usaha, alhamdulillah kita telah berhasil menyelesaikan ekspansi. Kontribusi kepada masyarakat kita telah mengembangkan industri yang salah satunya sentra industri Batik Kujur yang menjadi salah satu program unggulan di tahun 2019 ini. Lalu beasiswa kepada pelajar tingkat SD, SMP, SMA dan juga memberikan beasiswa kepada 25 mahasiswa D3 dan S1. Tahun 2019 ini Kita juga melakukan pendirian Akademi Pertambangan Bukit Asam (AKIPBA),”sambung Mega.

Diungkapkannya, sepanjang tahun 2019 ini  Bukit Asam telah menerima penghargaan sebanyak 33 buah dari berbagai lembaga dalam dan luar negeri. Penghargaan tersebut di antaranya Best Overall BUMN kategori Big Corporate, Transformasi Organisasi Terbaik, dan Penghargaan Subroto 2019 kategori Perusahaan dengan Kontribusi PNBP Terbesar BUMN. Perusahaan dengan Kepatuhan Pembayaran PNBP terbaik BUMN dan kategori Pengelolaan Keselamatan Pertambangan Mineral dan Batubara dari Kementerian ESDM.

Selain itu juga, PTBA memperoleh Asia’s Most Trusted Companies dari International Brand Consulting Corporation USA dan International Sales and Marketing dari BUMN Track. Raihan ini mencerminkan kinerja PTBA yang terus menerus meningkat.

“Jadi kita pecah telor lagi. Dan ini juga capaian yang tertinggi sepanjang sejarah Bukit Asam. Tentu saja berbagai kemajuan, capaian, serta penghargaan yang kita raih di sepanjang tahun ini tak lepas dari peran serta seluruh karyawan Bukit Asam, para Stakeholder, Pemerintah Pusat dan Daerah, serta seluruh masyarakat,” katanya.

“Untuk itulah pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemerintah Kabupaten Muara Enim dan Pemerintah Kabupaten Lahat serta seluruh masyarakat ring 1 perusahaan atas dukungan yang diberikan, sehingga pada tahun 2019 ini kita mendapatkan hasil yang luar biasa ini,”ucapnya.

Lebih lanjut kata Mega, pada penghujung tahun 2019 ini, MIND ID yang merupakan induk Holding Industri Pertambangan telah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) di Kementerian BUMN. Hasil dari RUPS tersebut mengangkat Suryo Eko Hadianto yang sebelumnya Direktur Operasi dan Produksi PT Bukit Asam Tbk menjadi Direktur Transformasi Bisnis. Dengan adanya penunjukan ini pula, Suryo Eko Hadianto akan berpindah dari Bukit Asam ke MIND ID.

“Untuk itu atas nama perusahaan dan pribadi, saya mengucapkan selamat kepada Bapak Suryo Eko Hadianto atas penunjukkan untuk menjadi Direktur Transformasi Bisnis di MIND ID. Semoga melalui amanah baru ini, Holding Industri Pertambangan dapat semakin maju dan terus berkembang. Tak lupa kami juga mengucapkan terima kasih atas dedikasi, pengabdian dan segala upaya yang telah Pak Suryo Eko berikan untuk perkembangan Bukit Asam yang kita cintai ini,” kata mantan Direktur Utama Bank Muamalat ini.

Disampaikan juga Mega Satria, bahwa beberapa hari yang lalu Inalum yang merupakan induk holding pertambangan juga telah melakukan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) dimana seorang direksi PT Bukit Asam menjadi direktur Transformasi Bisnis MIND ID. Dengan adanya ini semoga amanah baru ini juga terus maju dan terus berkembang, persiapkan diri menghadapi berbagai tantangan dan persaingan Global.

“Kita buktikan bahwa untuk terus mengembangkan perusahaan kita terus maju lagi kedepannya. Saya yakin dan kita semua yakin bahwa tahun 2020 nanti kita dapat mencapai hasil yang lebih baik lagi kedepannya, dengan semangat yang luar biasa di seluruh karyawan Bukit Asam, tujuan dan target akan tercapai, seperti halnya malam ini dengan melangkah maju,”harapnya.

“Untui itu mohon dukungan dan doa dari bapak ibu hadirin sekalian agar kita dapat dengan semangat yang luar biasa untuk memajukan PTBA yang kita banggakan ini. Buat semuanya, cahaya Surya membuat badan jadi kuat, semangat dan semakin kuat. Demikian yang dapat kami sampaikan ,atas nama seluruh direksi dan karyawan Bukit Asam, selamat tahun baru 2020  dan mudah-mudahan tahun 2020 nanti menjadi tahun yang penuh keberkahan keberhasilan bagi kita semua,”tutupnya.

Sementara itu, Direktur Transformasi Bisnis MIND ID yang baru, Suryo Eko Hadianto yang hadir dalam acara tersebut mengucapkan terima kasih untuk dukungan yang diberikan dan berharap agar tetap menjalankan program Tanjung Enim Kota Wisata sebagai bentuk balas budi kepada Tanjung Enim yang sudah membesarkan PT Bukit Asam Tbk.

Pada kesempatan itu juga, sebagai bentuk bentuk ucapan terima kasih, PTBA memberikan bantuan ke Pemerintah Kabupaten Muara Enim, berupa 1 unit Truck Amroll senilai Rp. 694.000.000.00, satu unit Dump Truck senilai Rp.392.200.00-, dan 4 unit motor pengangkut sampah merk Viar dengan nilai Rp.152.200.000.00, dengan total keseluruhan mencapai Rp 1,2 Miliar.

Malam tutup tahun 2019 ini tidak hanya digelar PT Bukit Asam di Unit Pertambangan Tanjung Enim (UPTE) saja, namun juga diadakan di Unit Pelabuhan Tarahan Lampung dan Unit Dermaga Kertapati Palembang. Di Unit Pertambangan Tanjung Enim sendiri, Bukit Asam pada malam tutup tahun dan sambut tahun baru 2020 dengan mengundang penceramah kondang asal kota Palembang, Ustadz KH.Solihin Hasibuan M.Pdi. Selain siraman Rahani PT Bukit Asam juga menghadirkan Grup Band dari ibu kota yaitu, Krispatih dan kelompok musik dangdut kontemporer, Jakarta Dangdut Revolution (JDR).

Acara malam tutup tahun ini juga dihadiri oleh Plt Bupati Muara Enim, H Juarsah SH, Kapolres Muara Enim, AKBP Afner Juwono SH SIK MH, Dandim 0404 Muara Enim, Letkol Inf Syafruddin dan juga sejumlah pejabat Kabupaten Muara Enim lainnya, kemudian Wakil Bupati Lahat, GM UPTE, Suhedi beserta pegawai, keluarga PT Bukit Asam dan anak cucu perusahaan, Pemerintah Kecamatan Lawang Kidul, Kades dan Lurah Kelurahan, RT RW se kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Enim Bersih (TEB), serta segenap forum dari masyarakat di ring 1 Perusahaan.

Usai acara malam tutup tahun, keesokan harinya, atau tepatnya tanggal 1 Januari 2020, di Gedung Serba Guna (GSG) Baru Tanah Putih, lewat program CSR nya menggelar pembagian Sembako kepada masyarakat di ring satu perusahaan yaitu Kecamatan Lawang Kidul, Tanjung Agung, Muara Enim, dan Kecamatan Merapi Timur dan Barat, Kabupaten Lahat. Selain masyarakat, sejumlah Pondok Pesantren dan Panti Asuhan juga diberikan bantuan Sembako tersebut. Sedikitnya 8.400 paket. Setiap paketnya dibagikan secara cuma-cuma. hai

LEAVE A REPLY