Muara Enim Dukung Kawasan Food State

41

Muara Enim Dukung Kawasan Food State

Muara Enim, -Extranews

 Kabupaten Muara Enim siap wujudkan Provinsi  Sumatera Selatan sebagai kawasan Food Estate Nasional atau lumbung pangan. Bumi Serasan Sekundang siap berkomitmen untuk terus meningkatkan produktivitas pertanian dan siap mendukung program kerja Gubernur. 

Hal ini terungkap dalam Rapat Evaluasi Program Strategis Kementerian Pertanian di Provinsi Sumatera Selatan Tahun 2020 yang dihadiri oleh Plh Sekretaris Daerah Kabupaten Muara Enim, Amrullah Jamaluddin SE.

Acara yang dibuka oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pertanian RI, Dr. Sumarjo Gatot Irianto dan Gubernur Sumsel, H Herman Deru ini berlangsung di Griya Agung, Kota Palembang, belum lama ini.

Plh Sekda Amrullah Jamaluddin SE, menuturkan Kabupaten Muara Enim merupakan daerah yang menjadi percontohan dalam produksi pangan nasional, didukung dengan luas lahan dan kondisi tanah yang subur. Maka Kabupaten Muara Enim siap menjadi pusat kawasan food estate baru di Indonesia, yaitu sebagai daerah penyokong kebutuhan pangan nasional. 

“Hal ini sebagai komitmen Kabupaten Muara Enim atas keputusan Menteri Pertanian Republik Indonesia yang telah menetapkan Provinsi Sumatera Selatan, khususnya Kabupaten Muara Enim sebagai salah satu kawasan food estate nasional, bersama Nusa Tenggara Timur dan Papua,”kata Amrullah.

Selain itu, Amrullah mengatakan program Serasi (Selamatkan Rawa, Sejahtera Petani) dari Gubernur Sumsel juga telah menjadi prioritas pengembangan pertanian di Muara Enim.  Dengan mengoptimalkan lahan tidak produktif menjadi lahan pertanian yang siap dipergunakan bagi kesejahteraan petani. 

Amrullah mengungkapkan untuk saat ini capaian luas lahan sawah di Kabupaten Muara Enim mencapai 22 ribu hektar, lahan ladang 5 ribu hektar dan lahan perkebunan 230 ribu hektar dengan target panen padi seluas 31 ribu hektar dan produksi padi 146 ribu ton gabah kering. “Ini mengindikasikan Kabupaten Muara Enim siap mewujudkan Provinsi Sumsel sebagai food estate nasional,”jelasnya.

Ia juga menjelaskan kepada Gubernur Sumsel bahwa berbagai program Kementerian Pertanian sudah dijalankan di Kabupaten Muara Enim, baik itu dalam peningkatan produktivitas maupun mutu hasil dari tanaman pangan.  “Kemudian program penyediaan dan pengembangan sarana/prasarana pertanian, serta peningkatan produksi dan nilai tambah holtikultura,” terangnya.NH

 

Poto: Plh Sekretaris Daerah Muara Enim menghadiri rapat evaluasi program strategis Kementerian Pertanian di Provinsi Sumatera Selatan.

LEAVE A REPLY