Universitas Indo Global Mandiri Siap Jadi PTS Terbaik di Sumbagsel

49

Universitas Indo Global Mandiri Siap Jadi PTS Terbaik di Sumbagsel

Palembang, Extranews — – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengeluarkan peringkat BAIK SEKALI kepada Universitas Indo Global Mandiri (UIGM).
Hasil ini ditetapkan BAN-PT melalui laman daring Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) hari ini Rabu (7/10/2020), setelah Universitas Indo Global Mandiri menggelar asesmen lapangan, September lalu secara daring di Kampus Sudirman.
Peringkat tersebut didapat berdasarkan penilaian dari dokumentasi yang disiapkan selama hampir 3 tahun, sesuai petunjuk IAPT 3.0, kemudian divisitasi oleh asesor BAN PT di lapangan. Upaya sosialisasi yang dilakukan pun mampu terserap dengan maksimal. Yang sebelumnya menggunakan 7 standar, sekarang sudah menggunakan 9 kriteria berdasarkan instrumen akreditasi perguruan tinggi (IAPT) 3.0 dengan basisnya harus berdasarkan input, proses, output, dan outcome.
Masa pandemi COVID-19 yang melanda Indonesia pun turut berdampak pada proses asesmen. Untuk pertama kali, proses asesmen lapangan baru pertama kali dilakukan dengan metode dalam jaringan (daring).
Seluruh dosen dan karyawan UIGM pun telah mengikuti jalannya sosialisasi persiapan AL Daring PT dan Program Studi Batch 12 melalui media video conference aplikasi Zoom, Selasa (8/9/2020). Puncaknya, Universitas Indo Global Mandiri melaksanakan asesmen lapangan BAN-PT selama dua hari, 17 – 18 September 2020 di Aula Lantai III Gedung B Kampus Universitas IGM. Meski dilakukan secara daring, pelaksanaan asesmen lapangan yang menghadirkan Tim Asesor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, yakni Prof Dr Marwan Asri, MBA (Universitas Gajah Mada), Siti Wachidah, PhD, Ph.D, MA (Universitas Negeri Jakarta) dan Dr. Ing Adang Suhendra, SSi, S.Kom, MSc (Universitas Gunadarma) dapat berjalan dengan lancar.
Rektor Universitas Indo Global Mandiri, Dr H Marzuki Alie, SE MM menegaskan, jika Universitas Indo Global Mandiri mendapatkan nilai 326 terakreditasi “BAIK SEKALI”. Kami yakin nilai tersebut belum optimal krn kendala dalam komunikasi melalui daring.
Dengan hasil ini saya optimis jika UIGM akan menjadi PTS terbaik di Sumbagsel pada tahun 2021 mendatang. Saya mengucapkan terima kasih kepada tim Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) Universitas IGM, keluarga besar IGM, para pemangku kepentingan eksternal, mitra serta asesor BAN-PT. Kedepannya sesuai dengan roadmap UIGM, dalam 5 tahun ke depan, UIGM sudah akan go Internasional. Mulai tahun ini, komunikasi di internal UIGM akan dilakukan dalam 2 bahasa, yaitu Indonesia dan Inggris, baik dari pimpinan tertinggi sampai pekerja penata kampus.
Saya berharap dukungan semua dosen, mahasiswa, dan keluarga besar IGM untuk secara bersama berkolaborasi memenuhi kewajiban Tridarma, khususnya dalam Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Apresiasi atas keberhasilan Universitas IGM juga disampaikan Ketua Yayasan Indo Global Mandiri, M Fadhiel Ali, S.Kom, B.I.T, M.T.I Menurutnya, peringkat yang didapat merupakan kerja keras tim APT, yang telah menyiapkan dengan baik dan matang hingga di hari penilaian.
“Selamat atas pencapaiannya. Hari ini kita boleh senang dan bergembira dengan hasil yang digapai. Namun besok, kerja lebih keras lagi agar bisa mencapai posisi yang lebih tinggi,” katanya. Dengan hasil ini pun, lanjutnya, ia berharap UIGM bisa mendapatkan akreditasi UNGGUL dan menjadi perguruan tinggi swasta nomor 1, di Sumatera Selatan dan masuk dalam urutan yang membanggakan di level Nasional, berdampingan dengan PTN PTN besar di Indonesia.
Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas IGM, Dr.Sumi Amariena Hamim, ST.,M.T., IPM., ASEAN Eng, menambahkan, Universitas Indo Global Mandiri menerapkan Kampus Merdeka- merdeka belajar.
Memberikan kesempatan mahasiswa sebanyak tiga semester melakukan kegiatan pembelajaran di luar Program Studi, seperti pertukaran pelajar, magang/praktik kerja, asisten mengajar di satuan pendidikan, penelitian riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi proyek independen dan membangun desa/KKN. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, siap kerja dan menjadi pembelajar sepanjang hayat.
Universitas IGM memberikan support penuh kepada seluruh dosen untuk melanjutkan studinya menuju jenjang Strata 3 di Universitas dalam negeri maupun luar negeri.
Melalui kolaborasi internasional dan lembaga sertifikasi profesi Universitas IGM saat ini Universitas IGM siap meningkatkan kompetensi SDM dan lulusan sebagai bentuk komitmen dalam mewujudkan Profesional University pada tahun 2023. Sekilas Tentang Indo Global Mandiri
Pada awalnya Universitas IGM berbentuk Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Global Mandiri (STMIK IGM), merupakan sekolah tinggi pertama dalam bidang Teknologi Informasi pada tahun 1999, kemudian pada tahun 2004 Yayasan IGM mengambil alih Sekolah Tinggi Teknologi Palembang (STTP) yang selanjutnya diberi nama STTP-IGM pada tahun 2004. Kemudian pada tahun 2008, STMIK IGM & STTP IGM digabungkan menjadi Universitas IGM dengan menambah beberapa bidang studi yang lain. Dalam memenuhi kebutuhan pasar, sejalan dengan semakin berkembangnya ekonomi berbasis syariah di Indonesia, maka pada tahun 2014 dibuka Sekolah Tinggi Ekonomi dan Bisnis Syariah, atau STEBIS IGM.
Kemudian, tahun 2002/2003 Yayasan IGM membuka pendidikan tingkat menengah yaitu SMA Life Skill Teknologi Informatika (SMA LTI IGM), kemudian tahun 2004/2005 membuka pendidikan SMP Life Skill Teknologi Informatika (SMP LTI IGM), tahun 2006/2007 dibuka pendidikan SD-Plus. Pada tanggal 6 November 2004 Sekolah Tinggi Teknologi Palembang (STTP) bergabung kedalam Yayasan IGM dengan nama STTP-IGM, untuk kemudian pada tahun 2008 STMIK IGM dan STTP IGM di merger menjadi Universitas Indo Global Mandiri (UIGM) dengan menambah beberapa bidang studi yang lain, seperti Planologi, Desain Komunikasi Visual, Pendidikan Bahasa Inggris dan Sistem Komputer, terakhir Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bisnis dan Syariah (STEBIS) IGM juga siap mencetak lulusan terbaik di Indonesia. Sebagai bentuk keperdulian kepada masyarakat yang belum beruntung, Yayasan IGM juga memberikan beasiswa kepada anak yatim / piatu dan atau kurang mampu berupa pendidikan gratis yang dibina di Pondok Pesantren Modern IGM Al-Ihsaniah untuk tingkat Aaliyah dan Tsanawiyah juga memberikan bea siswa kepada anak2 yang hapal qur,’an dan ranking saat sekolah menengah atas di UIGM.
Bentuk kegiatan sosial lainnya yang dilaksanakan oleh Yayasan IGM, yaitu memberikan bimbingan secara gratis kepada calon jemaah haji mulai dari Indonesia sampai di tanah suci, dengan medirikan KBIH IGM Al-Ikhsaniyah pada 2001, di samping memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok masyarakat yang masih memerlukan bantuan baik dalam bentuk bakti sosial, bantuan dana maupun konsultasi pengembangan ekonomi kerakyatan. Rel

LEAVE A REPLY