Terharu! Begini Ikhtiar Warga & PTBA Membangun Surau Tua di Tanjung Agung

69

Terharu! Begini Ikhtiar Warga & PTBA Membangun Surau Tua di Tanjung Agung

Tanjung Agung, Extranews —  – Nasib Musholla Talang Abik yang berada di Desa Tanjung Agung, Muara Enim, mengingatkan kita akan sebuah surau kecil dalam novel “Robohnya Surau Kami” karya sastrawan AA Navis.

Kondisi musholla yang dibangun pada 1994 dan berusia 26 tahun itu sungguh sangat memprihatinkan. Atap bocor di mana-mana, dinding papan pun rusak termakan rayap.

Rumah ibadah tempat warga dusun bersujud dan memanjat doa tersebut ibarat menunggu waktu menjadi puing-puing.

Tapi warga tidak menyerah. Berbekal niat, tenaga, dan dana seadanya, mereka tetap bahu membahu merenovasi musholla seluas 6×8 meter persegi yang mereka cintai. Alhamdulillah, ikhtiar mereka berbuah manis.Uluran tangan tiba-tiba datang dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA), yang memberikan donasi Rp 90 juta kepada warga dusun untuk merenovasi musholla dalam waktu singkat.

Koordinator Pembangunan Musholla dari Kodim 0404 Muara Enim, Sertu Suroto didampingi Serda Budi Supriyanto mengucapkan terima kasih kepada PTBA yang telah bersinergi dengan Kodim 0404/Muara Enim pada pembangunan musholla ini.

Suroto mengatakan bahwa pembangunan musholla Talang Abik ini sudah dikerjakan sejak tiga minggu lalu, dan saat ini telah mencapai tahap finishing.

Kepala Dusun Talang Abik, Sukadi, juga mengucapkan terima kasih pada PTBA telah membangun musholla yang sudah sejak tahun 1994 sampai dengan sekarang belum pernah dilakukan perbaikan dan rehap total.

“Alhamdulillah dengan adanya bantuan dari PTBA, warga yang terdiri dari 130 kepala keluarga nantinya dapat menikmati pembangunan dan memakmurkan musholla ini. Dan kami berdoa semoga PTBA lebih maju, sehingga bantuan yang diberikan PTBA akan semakin bertambah, khususnya bantuan untuk dusun kami, Talang Abik,” ucap Sukadi seraya berharap

Asisten Manajer (AM) Perencanaan dan dokumentasi CSR, Syamsuir mengatakan bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan pemberdayaan masyarakat di sekitar perusahaan. Dalam pelaksanaan pembangunan, CSR PTBA dibantu Jajaran Kodim 0404 / Muara Enim beserta masyarakat setempat.

“Insha Allah Minggu depan musholla ini rampung dan siap difungsikan untuk masyarakat beribadah,” kata Syamsuir.

Selain membantu membangun musholla yang terletak 11 kilometer dari Jalan Lintas Nasional Kecamatan Tanjung Agung ini, PTBA sebelumnya juga telah menyalurkan bantuan berupa pembangunan jembatan senilai Rp200 juta, pemasangan lampu penerangan dan pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 2000 Watt senilai Rp 86 juta.

“Semoga dengan adanya kontribusi dan sinergi PTBA diharapkan desa tersebut dapat berkembang dan maju,”harap Syamsuir.

Manajer Humas, Komunikasi dan Administrasi Korporat PTBA Iko Gusman menambahkan bahwa setiap pemberdayakan masyarakat, perusahaan berupaya untuk selalu mengedepankan sinergitas dengan banyak pihak.

Pada bantuan pembangunan musholla ini PTBA melakukan sinergi dengan jajaran Kodim 0404 Muara Enim untuk mendukung nilai – nilai agamis dan religius dilingkungan masyarakat setempat. “Semoga musholla ini bermanfaat bagi masyarakat, menjadi sarana ibadah dan tempat silaturahmi bagi masyarakat,” tuturnya.rel

LEAVE A REPLY