Jawab Keluhan Warga OKU, Gubernur Gelontorkan Dana Peningkatan Infrastruktur Rp81 Miliar, HD Pastikan Tahun 2020 Jalan di Sumsel Selesai 100%

83

Jawab Keluhan Warga OKU, Gubernur Gelontorkan Dana Peningkatan Infrastruktur Rp81 Miliar, HD Pastikan Tahun 2020 Jalan di Sumsel Selesai 100%

Baturaja, Extra Gubernur Sumsel H. Herman Deru kembali melakukan kunjungan kerjanya ke daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Minggu (6/9). Kunjungan ini untuk melihat langsung dimulainya peningkatan Jalan Ogan Ilir – Lubuk Batang Kecamatan Peninjauan bertempat di Aula Kantor Camat Kantor Peninjauan Kabupaten OKU.

Kehadiran Gubernur Herman Deru di Kabupaten OKU ini juga sekaligus menjawab keinginan masyarakat yang selama ini belum terjawab salah satunya adalah perbaikan infrastruktur jalan.

“Saya sengaja datang kesini untuk melaunching penyempurnaan infrastruktur. Selama ini keinginan masyarakat satu demi satu kita jawab menjelang 2 tahun menjadi Gubernur Sumsel. Saya fokus infrastruktur untuk menjawab keluhan-keluhan masyarakat yang selama ini memang butuh perhatian,”katanya.

Menurutnya dengan peningkatan infrastruktur jalan ini diharapkan semwkin mempermudah mobilitas ekonomi dan akses keseharian masyarakat. Pembangunan infrastruktur jalan ini diakuinya tidak hanya di OKU melainkan merata di seluruh kabupataen/kota se Sumsel.

“Kenapa masyarakat banyak butuh infrastruktur selain masyarakat membutuhkan karena masyarakat mempunyai kendaraan roda empat dan dua hal ini juga untuk efisien di dalam biaya transportasi dan pertukaran ekonomi ini tujuan kita. Pembangunan infrastruktur ini merata, kemarin di Kabupaten Mura dan PALI kali ini Kabupaten OKU. Dan ini harus kita tunjukan kepada masyarakat bahwa ini sudah mulai dikerjakan,” ujar HD.

Gubernur Sumsel Herman Deru meyakinkan bahwa pembangunan infrastruktur di Sumsel yang menjadi tanggungjawab Provinsi masuk di tahun ke 2 dimasa kepemimpinannya bersama Wagub Mawardi Yahya akan selesai dan layak.

“Kalau kemarin tahun pertama 75 persen lebih sekarang sudah hampir 100 persen ditambah lagi ada ruas-ruas. Nanti Musi Banyuasin ke Lakitan (Mura) akan kita tingkatkan juga bersama balai besar jalan,”ungkapnya.

Sementara Wakil Bupati Kabupaten OKU, Johan Anuar sekaligus mewakili seluruh lapisan masyarakat Kabupaten OKU mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Sumsel Herman Deru yang telah memperhatikan jalan di OKU.

“Tentu saya sekaligus mewakili seluruh masyarakat kabupaten OKU mengucapkan terimakasih banyak kepada pak Gubernur berupa bantuan jalan. Ini bukan satu-satunyanya bantuan infrastruktur yang diberikan bahkan dengan bantuan ini banyak sekali jalan-jalan mulus di Kabuapten OKU,”tutupnya.

Ditempat yang sama Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel, Darma Budhi melaporkan bahwa alokasi penanganan infrastruktur jalan APBD Provinsi Sumsel melalui Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Sumsel untuk wilayah Kabupaten OKU terdiri dari 8 paket kegiatan penanganan jalan dan jembatan yang berada di Kabupaten OKU yaitu Peningkatan Jalan Batss Kabupaten Ogan Ilir – Lubuk Batang sebesar Rp4.914.150.000, Peningkatan Jalan Baturaja – Sp . Martapura sebesar Rp10.140.835.000.

Peningkatan dan angkes menuju Oprit Jembatan Ogan IV – Unit 3 Batumarta sebesar Rp7.914.150.000 , Peningkatan Jalan Batumarta ( Unit III – Unit XVI ) Lubuk Raja Kabupaten OKU sebesar Rp4.914.150.000 , Peningkatan Jalan Gatot Subroto ( Baturaja ) sebesar Rp3.140.835.000 , Pembangunan Oprit Jembatan Ogan IV sebesar Rp9.914.150.000, – Pembangunan Jembatan Pipa Desa Nagari Ratu Tanjung Lengkayap sebesar Rp3.984.150.000 , Pemeliharaan Berkala Jalan Sutomo Batukuning Baturaja sebesar Rp2.440.835.000 , Total anggaran perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan di Kabupaten OKU sebesar Rp47.363.255.000.

Pada saat ini kata Budi peningkatan juga dilakuka di ruas jalan Batu marta (Unit IIT – Unit XVI) Lubuk Raja Kab. OKU dengan Dana bantuan khusus Gubernur Sumatera Selatan untuk Kabupaten OKU melalui dana hibah TA, 2020 sebesar Rp34.500.000.000, juga telah dialokasikan untuk penanganan infrastruktur di Kabupaten OKU di 8 titik lokasi.

“Total anggaran Pemerintah Provinsi Sumsel untuk perbaikan infratstruktur jalan dan jembatan di Wilayah Kabupaten OKU adalah sebesar Rp81,863,255,000,” ungkapnya.fk

LEAVE A REPLY