Jalan dan Penerangan Diperbaiki, Warga Gaza Ucapkan Terima Kasih ke Muba

15
Nampak salah satu petugas sedang memperbaiki lampu jalan di Jalan Gaza Palestina berkat bantuan Pemkab Musi Banyuasin

SEKAYU,Extranews – Hasil donasi Aparatur Sipil Negeri (ASN) Pemkab Musi Banyuasin (Muba) dan warga Muba untuk Gaza-Palestina yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza banjir dukungan dan apresiasi dari kalangan Ulama di Sumatera Selatan.

Buapati Muba Dodi Reza Alex Noerdin dan Walikota Palestinan Ayman Sulaiman

Diantaranya, apresiasi dan dukungan tersebut dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumsel, Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia (ICMI) Sumsel, dan Civitas akademika Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Ketua Umum MUI Sumsel, Prof Aflatun Muchtar melalui Sekretaris Umum MUI Sumsel KH Ayik Farid Alaydrus mengatakan donasi yang dilakukan Pemkab Muba dan Warga Muba kiranya dapat menjadi acuan dan motivasi bagi Pemerintah dan warga di Kabupaten/Kota di Sumsel.

“Donasi untuk Gaza ini sangat tepat direalisasikan. Kami MUI Sumsel  mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Bupati Muba Dodi Reza yang mengajak ASN dan warganya untuk menyisihkan pendapatan untuk membantu umat muslim di Gaza,” ungkapnya.

Lanjutnya, saat ini warga Gaza Palestina terus menghadapi gencatan senjata dengan Israel tentu sebagai umat Muslim harus turut andil meringankan beban warga Gaza.

“Saya berharap agar donasi yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza dan warga Muba ini dapat diikuti oleh masyarakat lainnya di Sumsel,” harapnya.

Senada dikatakan Ketua Umum ICMI Sumsel, Prof Dr Anis Saggaff MSCE. Ia mengatakan, mendapatkan informasi bahwa hasil donasi Muba yang kini mulai tersalurkan ke Gaza untuk pembangunan infastruktur dan kepentingan lainnya membuat ICMI sangat berkesan dan mengapresiasi program donasi tersebut.

“Kalau hasil donasi yang dilakukan Pemkab dan warga Muba ini dapat diikuti oleh Kabupaten/Kota lainnya di Sumsel tentu beban warga Gaza Palestina akan berkurang. Kami ICMI Sumsel sangat mengapresiasi pak Bupati Dodi Reza atas inisiasi tersebut,” urainya.

Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang, Prof HM Sirozi MA PhD mengucapkan rasa syukur dan bangga bahwa para ASN, anggota masyarakat, dan salah satu Pemkab di Sumsel, yaitu Pemkab Muba, telah turut serta meringankan beban penduduk Gaza yang sedang menghadapi beban berat dari kedholiman Israel.

“Masyarakat, ASN, dan Pemkab Muba sudah menunjukkan kepada kita semua bahwa masalah kemanusiaan adalah masalah universal yang menuntut kepedulian kita semua,” ucapnya.

Dikatakan, tentulah apa yang telah dilakukan dapat menjadi contoh yang baik ASN, masyarakat, dan Pemkab lainnya di Indonesia.

“Semoga Allah SWT selalu melindungi penduduk Gaza dan memberikan balasan yang setimpal bagi para pelaku kedholiman di sana,” imbuhnya.

“Semoga pula Allah melimpahkan keberkahan untuk masyarakat, ASN, dan pemerintah Kabupaten Muba khususnya dan Sumsel pada umumnya,” tambahnya.

Diketahui, Gencatan senjata antara Israel dan milisi di Gaza yang melumpuhkan sejumlah daerah Gaza membuat kondisi warga semakin terpuruk.

Namun, beberapa hari belakangan kondisi tersebut mulai berubah, pasalnya bantuan untuk Gaza yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza bersama Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) mulai disalurkan dan membuat warga tertolong untuk menjalankan kehidupan sehari-hari.

Diantaranya bantuan dimanfaatkan untuk penerangan jalan kini telah dikerjakan, pembangunan klinik kesehatan, distribusi makanan dan pakaian layak dari Bupati Muba Dodi Reza yang sudah dinikmati warga Gaza.

Bupati Muba Dodi Reza mengatakan, dirinya telah dihubungi oleh Wali Kota Gaza Ayman Sulaiman yang melaporkan kalau bantuan dari Muba sudah tiba di Gaza dan sangat berdampak baik bagi kelangsungan hidup warga Gaza.

“Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada warga Muba, karena bantuan yang dikumpulkan beberapa waktu lalu dari hasil donasi Muba untuk Gaza sudah tiba dan sangat bermanfaat,” ucap Dodi Reza.

Dikatakan Dodi, dirinya bersama warga Muba terus berdoa untuk keselamatan warga Gaza dan semoga bantuan dari negara-negata sahabat terus berdatangan.

“Insya Allah bantuan dari Muba akan terus dikumpulkan, kami berharap beban saudara kami di Gaza bisa berkurang,” harapnya.

Dewan Pembina GP Ansor Sumsel ini juga menambahkan, peruntukkan bantuan warga Muba untuk Gaza juga akan diperuntukkan untuk perbaikan infrastruktur jalan yang hancur akibat serangan Israel. “Semoga apa yang diberikan warga Muba untuk Gaza dapat berguna,” tuturnya.

Sebelumnya keprihatinan Bupati Muba Dodi Reza terhadap kondisi Palestina tersebut membuat Wali Kota Al-Zawaida Gaza Palestina Dr Ayman Sulaiman Salam Abu Sweireh sangat Takzim.  Sebelumnya, 28 Agustus lalu berjumpa langsung dengan Bupati Muba Dodi Reza Alex Noerdin di Sekayu. Sehingga dalam pertemuan tersebut, dengan niat yang tulus Bupati Muba Dodi Reza memutuskan akan berangkat langsung ke Gaza untuk mengantar hasil donasi konser amal peduli Palestina ke Jalur Gaza.

Ulama Palestina Syeikh Nashef Nashir Abdullah saat memberikan tausyiah mengungkapkan rasa haru dan bangga atas kepedulian Bupati Muba Dodi Reza bersama warga Sumsel terhadap umat muslim di Palestina. “Saya datang jauh dari Aqso langsung ke Muba, saya bangga dan terharu terhadap respons dan kepedulian Muba untuk Palestina,” ungkapnya.

Menurutnya, sosok Bupati Muba Dodi Reza cerminan pemimpin muslim yang sangat peduli dan mengayomi. “Alhamdulillah yang maha kuasa masih menghadirkan pemimpin seperti beliau (Bupati Muba Dodi Reza, red), banggalah umat muslim di Muba ini,” ujarnya.

Diketahui, pada rangkaian konser amal donasi untuk Gaza yang di inisiasi Bupati Muba Dodi Reza bersama KNRP tersebut berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp1 Miliar lebih yang berasal dari hasil lelang, dan pengumpulan dari warga dan pegawai di lingkungan Pemkab Muba serta warga Muba.Red

LEAVE A REPLY